ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home phpl/sfm Sosial PMDH

PEMBINAAN MASYARAKAT  DESA HUTAN

Program Pembinaan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) dengan sasaran peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, dijalankan pada 16 desa yang tersebar di 2 wilayah desa binaan reguler, yaitu;


§ Wilayah Binaan I (Wilayah Kalbar), meliputi;

Dusun Belaban Ella dan Sungkup (Desa Belaban Ella), serta Dusun Ancana, Nanga Siyai, Nanga Apat, dan Landau Mumbung (Desa Nanga Siyai), Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi.

§ Wilayah Binaan II (Wilayah Kalteng), meliputi;

Desa Tanjung Paku, Riam Batang, dan Tumbang Teberau (Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan). Desa Tumbang Kaburai, Tanjung Batik, Tumbang Karuei, dan Tumbang Kajamei (Kecamatan Bukit Raya, Kabupaten Katingan). Desa Kiham Batang dan Rangan Kawit (Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan).

Selain pada desa-desa binaan reguler, kegiatan PMDH juga dilakukan secara insidentil pada desa-desa lain yang berdekatan atau berada di sekitar areal kelola hutan PT. Sari Bumi Kusuma.

Pelaksanaan Kegiatan PMDH

§ Pembinaan Pertanian Menetap

Program pembinaan sistem pertanian menetap yang telah dijalankan adalah pengembangan lahan sawah sistem  irigasi, budidaya padi lahan kering melalui perpaduan sistem agroforestry, budidaya tanaman sayuran dan palawija, budidaya tanaman hortikultura dan perkebunan, budidaya perikanan dan peternakan, bantuan sarana produksi pertanian, serta pendampingan teknis oleh 16 Petugas Penyuluh Lapangan yang ditempatkan di desa-desa binaan.

§ Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Program prioritas untuk mempercepat pertumbuhan peningkatan ekonomi masyarakat saat ini adalah; bantuan pelayanan transportasi untuk menunjang aktivitas ekonomi masyarakat, pengembangan lembaga ekonomi masyarakat, dan pemanfaatan tenaga kerja lokal sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

 

§ Pengembangan Sarana dan Prasarana Umum

Program pengadaan fasilitas sarana dan prasarana umum meliputi; pembukaan akses jalan ke desa, pembuatan jembatan desa, bantuan pengadaan penerangan desa, pengadaan atau renovasi gedung sekolah, pembangunan sarana ibadah, pembangunan sarana pemerintahan desa, pengadaan fasilitas sarana olah raga, pengadaan fasilitas sarana air bersih, dan lain-lain.

Realisasi bantuan pengadaan sarana dan prasarana umum hingga tahun 2011 antara lain;

- Jaringan jalan desa dengan panjang keseluruhan 117,65 km serta 16 unit jembatan desa.

- Bangunan Pemerintahan sebanyak 20 unit bangunan (Balai Desa, Kantor Desa, Balai Adat, dan Balai Pertemuan).

- Penggusuran/perluasan lahan untuk lokasi pemukiman, sekolahan, dan pemerintahan sebanyak 33 lokasi.

- Infrastruktur pendidikan; dibangun atau direnovasi sebanyak 13 unit gedung sekolah di lokasi desa binaan dan 2 unit asrama siswa di kota Nanga Pinoh.

- Sarana ibadah; dibangun/direnovasi atau dibantu material bahan bangunan sebanyak 20 unit bangunan yang terdiri dari Gereja, Balai Ibadah Hindu Kaharingan, serta Masjid/Mushola.

- Penerangan/Listrik desa; bantuan 31 unit Genzet lengkap dengan instalasi dan pemasangannya.

- Infrastruktur kesehatan; pembangunan fasilitas sarana air bersih sistem pipanisasi sebanyak 6 Unit.

Frekuensi Pelayanan Transportasi untuk Aktifitas Sosial Ekonomi

§ Pengembangan Sosial Budaya

Program pengembangan sosial budaya ditekankan pada pengembangan pendidikan dan kesehatan masyarakat. Dalam bidang pendidikan telah diperbantukan tenaga Guru Tetap (2 orang), Guru Honor (31 orang), dan bantuan beasiswa khusus untuk masyarakat desa binaan dan desa sekitar perusahaan serta bantuan akomodasi pelaksanaan UAS bagi sekolah-sekolah di desa binaan dan sekitarnya. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat diberikan dalam bentuk pengobatan tanpa dipungut biaya yang dapat diperoleh melalui Balai Pelayanan Kesehatan (Poliklinik) yang berada di Base Camp PT. Sari Bumi Kusuma. Selain itu, juga dilakukan kegiatan-kegiatan lain yang memberikan daya dukung terhadap upaya-upaya pengembangan kehidupan sosial dan budaya masyarakat desa-desa binaan, seperti; survey sosial ekonomi dan sosialisasi, bantuan kegiatan keagamaan, bantuan-bantuan sosial kemasyarakatan, dll.

§ Konservasi Sumberdaya Hutan dan Lingkungan

Prioritas program pembinaan konservasi sumberdaya hutan dan lingkungan bagi masyarakat desa binaan adalah pengembangan tanaman perkebunan dan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) di areal bekas perladangan. Untuk mendukung program tersebut juga dilakukan kegiatan penyuluhan, pelatihan teknik budidaya tanaman perkebunan dan kehutanan, bantuan bibit tanaman, bimbingan teknis penanaman dan pendampingan lapangan.

 


 

 
Wednesday, 13 December 2017

Certificate

certificate
Yakinlah bahwa keputusan anda hari ini akan berpengaruh terhadap apa yang akan anda alami dimasa datang.